imanrov

dibuat untuk memenuhi tugas dari kampus

Pengalaman Pribadi Beriwirausaha

pada Januari 5, 2012

Ini kisah wirausahaku ketika SMA. Pada masa itulah, saya sedang cukup rajin berwirasusaha. Saat baru memasuki masa SMA, kelas yang saya dan teman-teman sekelas saya tempati lokasinya cukup jauh dari kantin. Untuk mencapai kantin, kami perlu menuruni tangga2 dan menyusuri lorong yang cukup panjang. kebanyakan orang mungkin berpikir “Wah sial juga dapet kelas yang jauh dari kantin, bikin capek”. Namun saya berpikiran lain “Wah ini dia peluang usaha saya selama sekolah!”.

Niat dalam hati untuk berwirausaha sudah ada, yang selanjutnya diperlukan adalah ide usaha.
Karena latarbelakang bisnis tersebut adalah mensubtitusi kantin maka pastilah bisnis tersebut di bidang kuliner. Dari sekian ide jenis usaha kuliner, yang saya pilih adalah menjual nasi kuning bungkus. Saya memilih kuliner tersebut karena paradigma kebanyakan masyarakat Indonesia itu “belum kenyang kalau belum makan nasi”.

Nasi kuning yang saya jual satu bungkusnya seharga Rp2500, keuntungan bersih per bungkus berkisar Rp700. Untuk, promo saya menjual 5 bungkus. Alhasil, penjualan laku tapi terlalu sedikit, namun cukup untuk melihat respon konsumen. di Kemudian hari, saya menjual sekitar 20 bungkus per hari. Untuk meningkatkan penghasilan, pemasaran pun saya luaskan hingga ke guru. Penjualan pun ditambah mencapai sekitar 40 bungkus per hari.

Terlintas dipikiran saya, jika saya menjual satu jenis makanan yang sama setiap hari ada kemungkinan konsumen akan bosan. Maka dari itu, saya pun mengganti menu secara periodik. Menu lainnya yaitu, nasi goreng biasa, nasi goreng ala Jepang, dan nasi uduk. Alhasil stabilitas penjualan pun dapat dipertahankan.

Pada masa SMA itu tak hanya nasi yang saya jual. Saya pun menjual pulsa, jus, dan kue-kue seperti potongan brownies.
Bukan masa yang mudah namun menyenangkan. Sekian cerita singkat pengalaman berwirausaha saya, wassalam!


Tinggalkan Balasan

