imanrov

dibuat untuk memenuhi tugas dari kampus

Review Film “Understanding Cyberworld 2020”

pada Maret 17, 2012

Pada tulisan ini penulis hendak sharing film dengan judul “Understanding Cyberworld 2020” yang dibuat oleh Discovery Channel. Film ini bercerita tentang bagaimana kira-kira kehidupan dunia pada tahun 2020. Bentuk kehidupan tidak jauh berbeda dengan kehidupan jaman sekarang namun, hampir semua benda telah terkomputerisasi dan memilki “Artificial Intelegence” (Kecerdasan Buatan) yang luar biasa. Di film ini pula dihadirkan pakar-pakar yang sekarang sedang meneliti hal-hal dunia cyber yang mungkin dapat direalisasi tahun 2020. Berdasarkan hukum Morris yang mengatakan bahwa kekuatan pemrosesan akan bertambah 2 kali lipat setiap 18 bulan, dan hal itu ia sampaikan pada tahun 1965. Sejauh ini prediksi Morris adalah benar. 

 

Pada tahun 2020, tidak lagi ditemukan kompeter dalam bentuk kotak-kotak sperti sekarang. Pada tiap benda dapat ditemukan di berbgaia perabotan rumah anda. Seperti kaca, buku, meja, dll. Untuk menggunkannya pun lebih interaktif, bisa digunakan perintah berbasis suara. Pada perabotan-perabotan tersebut tertanam mikrochip  yang berguna sebagai otak untukmemberi tahu  data tentang perabotan, seperti data jumlah perabotan ,  berapa kali dapat digunakan, dan ada kerusakan atau tidak pada perabotan-perabotan yang digunakan. 

Ada pun dunia di mana robot sudah memiliki kecerdasan buatan yang luarbiasa. Bahkan ia pun diprogram agar bisa memilki emosional sehingga robot tersebut dapat diajarkan bersosialisasi layaknya manusia, sehingga robot dapat menjadi rekan kerja yang hebat dalam berbagai pekerjaan sekaligus dapat mendjai rekan kerja yang menyenangkan.

 

Hal lainnya yang ada mungkin ada pada tahun 2020, yakni dunia virtual reality. Dunia ini seperti halnya dunia di film-film sperti Matrix. Kita dapat berjalan-jalan, melihat berbagai pemandangan, merasakan seolah-olah kita sedang ada di “dunia lain”. Adapun dunia “augmented reality”(Dunia antara dunia nyata dan virtual. Pada dunia ini kita tetap akan melihat lokasi di dunia nyata namun, kita dapat melihat berbagai makhluk-maklhuk atau benda-benda virtual melalui suatu kacamata atau alat khusus. Contoh di film ini adalah terdapat kacamata untuk akses dunia “augmented reality” sehingga apabila pengguna menggunakannnya ia dapat melihat sejarah tempat dia berpijak, seolah-olah sedang ada di sana namun, tidak dapat merasakan sentuhan-sentuhan dengan objek-objek virtual. Adapun pemanfaatan teknologi ini seperti seorang mekanik akan bisa mengoprek mesin dari image 3D virtual. 

Untuk keamanan-keamanan di kota, dibuatlah suatu sistem dari kamera-kamera pemantau di kota-kota untuk merekam setiap kejadian dan untuk memudahkan penyelidikan. Namun, saat ini komputer belum dapat mengenal objek benda secara visual secara tepat. Diharapkan pada tahun 2020, komputer dapat mengenali objek benda secara visual secara tepat. Sehingga dapat memudahkan kepolisian mencari 1 diantara ratusan atau bahkan ribuan kemungkinan orang pelaku kejahatan.

Luarbiasa, sekali memang film yang disajikan oleh discovery channel ini. Suatu film yang imajinatif namun, memungkinkan sekali untuk direalisasikan. Benar aka terjadi atau tidak, hanya Tuhan -lah yang Maha Mengetahui. Namun, bersiaplah memasuki era dunia tersebut.

wassalam

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: