imanrov

dibuat untuk memenuhi tugas dari kampus

TCP dan UDP [Part 2]

pada April 17, 2012
  • Konektifitas

Pada UDP konektifitasnya termasuk pada kategori connectionless. Maksudnya adalah pada UDP pengiriman dilakukan terus menerus tanpa ada proses kontrol dan pengecekan paket-paket yang dikirimkan sehingga data yang terkirim unreliable(tidak terjamin).

Sedangkan, pada TCP konektifitas termasuk pada kategori connection oriented. Maksudnya adalah pada TCP pengiriman yang dilakukan terjad proses kontrol dan pengecekan jumlah paket-paket yang dikirimkan pada bagian penerima sehingga dapat dilakukan pengiriman ulang pada paket-paket yang hilang sehingga data yang dikirimkan reliable(terjamin).

  • Kehandalan

Kehandalan dari UDP adalah kecepatan pengiriman yang relatif lebih cepat daripada TCP karena konfigurasinya simple. Sedangkan, kehandalan dari TCP adalah kepastian jumlah  paket data-data yang terkirim sama dengan yang diterima.

 

  • Penggunaan

UDP biasa digunakan pada aplikasi multimedia seperti video streaming, audio streaming, video live chatting. Sedangkan, TCP biasa digunakan dalam pengiriman email, web, file transfer(ftp),terminal(telnet),dll(hampir semua penggunaan pada internet).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: